Ulasan Utama

Lonceng Kematian Kapitalisme Tepat Di Jantungnya

aliansi pengusaha muslim lonceng kematian kapitalisme

Aliansi Pengusaha Muslim – Persoalan PHK ini menjadi beban yang sangat berat. Hingga akhir bulan Maret 2020 Pengajuan tunjangan penggangguran atau unemployment benefits di AS, mencatatkan lonjakan tertinggi hingga 3.000 persen, jika dihitung dalam tiga pekan terakhir.

Departemen Tenaga Kerja AS mengungkapkan sebanyak 6,6 juta orang mengajukan klaim tunjangan pengangguran. Angka itu juga merupakan yang tertinggi secara rata-rata dalam sepekan, sepanjang sejarah AS.

Tingginya angka pengajuan klaim itu juga merupakan yang terburuk dalam sejarah AS. Karena angka klaim tunjangan pengangguran secara mingguan terbanyak, sebelumnya hanya 695.000 yang terjadi pada 1982. Adapun saat resesi Maret 2009 sebanyak 665.000.

Selain persoalan di sektor formal tersebut AS juga mengalami problem parah di bidang pertumbuhan ekonomi. The Economist Inteliigence Unit (EIU) memprediksi pertumbuhan ekonomi AS di tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 2,8%. Ekonom pun meyakini ekonomi Amerika sudah berada dalam zona resesi.

Munculnya resesi selalu diawali dengan tanda-tandanya. Indikatornya bisa dilihat dari pasar keuangan mau pun data ekonomi. Yang paling jelas, datang dari pasar saham. Pasar saham Amerika mengalami tekanan jual yang masif dan anjlok signifikan.

Pergerakan di bursa saham New York misalnya. Saat wabah corona menghantui, indeks S&P 500 anjlok lebih dari 20% dari level tertingginya. Pada pertengahan Maret lalu bahkan penurunan Indeks Dow Jones  dianggap sebagai yang paling tajam sejak peristiwa Black Monday pada 1987 silam. Tanda inilah yang diyakini banyak ekonom bahwa ekonomi Amerika dalam keterpurukan.

Covid-19 outbreak telah merobek rapuhnya kapitalisme. Korban jiwa tertinggi, peningkatan pengangguran terbesar dalam sejarahnya, dan kejatuhan pasar saham. Kapitalisme telah gagal bahkan kegagalan tersebut tetpat di jantungnya, AS.

Kini saatnya Islam yang merupakan sistem kehidupan yang diturunkan Allah ta’ala untuk mengatur kehidupan manusia diwujudkan dalam kehidupan yang nyata. Terlebih lagi Islam sebagai sistem kehidupan pernah dijalankan umat manusia selama 13 abad dengan berbagai kemajuan dan kegemilangannya mengatur kehidupan manusia. Wallahua’lam.

Related posts
Tips Bisnis

Kelangsungan Bisnis Di Saat Krisis

Aliansi Pengusaha Muslim – Kondisi krisis  tahun ini sebenarnya sesuatu yang sudah diprediksi…
Read more
Editorial

Ramadhan, Covid-19, Dan Keruntuhan Kapitalisme

Oleh: Muhammad Ihsan Aliansi Pengusaha Muslim – Melalui Ramadhan Allah menguji keimanan…
Read more
Ulasan Utama

Kapitalisme Membahayakan Kehidupan!

Oleh : Muhammad Bakri Aliansi Pengusaha Muslim – Semestinya resesi ini tidak akan terjadi andai…
Read more