Tips Bisnis

Jadikan Pandemi Jadi Peluang Lejitkan Bisnis

Oleh : Widady

Sahabat Muslimpreneur, banyak rekan bisnis jasa rentcar yang ber’gugur’an. Ada yang tutup sebagian sementara, ada yang tutup total.

Pandemi menjadi momok bagi sebagian rekan saya, hingga akibat tekanan kuat pada diri, keluarga bahkan bisnis nya. Disisi lain, sebagian kecil rekan yang lain mengevaluasi bisnis mereka, mana yang kurang segera dilengkapi. Mana yang kurang laku di cari sebab dan akar masalahnya.

Ibarat gulungan kecil bola² salju, terus-menerus dipadukan hingga akhirnya menjadi gulungan bola salju besar, dan terus membesar hingga punyai power yang dahsyat melumat apapun halangan didepan.

Begitulah sunnatullah bagi Muslimpreneur sejati, tidak minder dengan ujian dan musibah; namun terus berfikir cara gunakan selesaikan ujian dan tuntaskan musibah yg ada. Darinya akan terwujud peluang yang istimewa, guna gerakkan terus roda usaha. Persis optimisme yang digelorakan Mas Yoyok Hery Wahyono :”Bismillaah, kita lipat gandakan perjuangan, kita lalui resesi !”. Pria yang mengkomandani 200an cabang WSS di Indonesia dan Malaysia.

Abah Widad dan Mas Yoyok pada kesempatan ini sampaikan 5 tips bisnis hadapi pandemi bahkan plus resesi :

  1. Tidak akan pernah PHK karyawan, karena dengan mereka bersamai dulu bisnis kita kecil, masa saat sudah besar tega PHK, walau dengan alasan pandemi.
  2. Juallah apapun selagi itu halal, bahkan bukan hanya produk matang saja, WSS menjual juga bahan mentah olahan masakan yang lezat. Karena dengan menjual lebih banyak, maka kondisi cash flow positif perusahaan bisa dipertahankan.
  3. Semakin banyak ide diperoleh, hikmah dari kesabaran hadapi pandemi ini. Dulu tidak terfikir dengan wujudkan waroeng bahan mentah SS, kini alhamdulillaah terbetik dan terlaksana ide tersebut.
  4. Terus layani konsumen dengan penuh kesungguhan dan sedap prima. Jangan kurangi bumbu, karena rasa itu utama dalam bisnis kuliner.
  5. Paling akhir yakni semangat terus sabar dan istiqamah, dengan bismillaah kita lipat gandakan perjuangan, hadapi resesi ini !.

Tetap semangat, hadapi pandemi dan krisis dengan cerdas dan ikhlas sahabat

Demikianlah, idealita Muslimpreneur yang layaknya hadir, ditengah² kebanyakan pebisnis khawatir. [Sahabat anda AW]