Tips Bisnis

Apa Pentingnya Bisnis Proses Manajemen?

aliansi pengusaha muslim Apa Pentingnya Bisnis Proses Manajemen

Oleh : Yuliansyah ST.CFP

Apa itu Bisnis Proses Manajemen? Mengapa Bisnis Proses Manajemen menjadi elemen yang sangat penting bagi kesuksesan sebuah bisnis ?

Coba kita kupas ya muslimprenuer ….

Proses bisnis merupakan inti dari seluruh aktivitas pada suatu bisnis, perusahaan atau organisasi. Tujuannya tak lain adalah untuk mencapai tujuan bisnis (mendapatkan keuntungan dan menghidari kerugian)

Di dalamnya ada proses yang akan memberdayakan seluruh sumber daya yang ada. Karena sifatnya yang spesifik, maka setiap bisnis memiliki bisnis proses masing-masing yang unik, sesuai
dengan karakteristik bidang bisnisnya.

Proses Bisnis Manajemen adalah sebuah pendekatan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi melalui flow proses yang tangkas dan dinamis akan perubahan/trend.

Proses Bisnis Manajemen akan membantu kita dalam mengawasi dan mengontrol seluruh elemen pada proses bisnis, seperti karyawan, pelanggan, pemasok, dan workflow. Sehingga akan meningkatkan kualitas proses bisnis melalui penyediaan mekanisme feedback yang lebih baik. Review yang berkesinambungan dan real-time akan membantu bisnis kita dalam mengidentifikasi masalah dan kemudian mengatasinya secara lebih cepat sebelum masalah tersebut berkembang menjadi lebih besar.

Manajemen Proses Bisnis yang efektif dan efisien dapat menghasilkan nilai-nilai kompetitif. Proses bisnis yang dikelola dengan baik akan mampu menumbuhkan peluang. Dan sebaliknya bisnis yang kurang
memahami dan tidak mampu mengontrol proses bisnis yang dimilikinya.

Mungkin saat ini dibisnis yang kita geluti, pihak manajemen mungkin telah berhasil membuat prosedur yang ideal untuk menjalankan proses bisnisnya, tapi pada kenyataannya, implementasi di lapangan dapat sangat berbeda dari apa yang telah dirancang sebelumnya. Pada pelaksanaan suatu proses bisnis kadang terjadi redundansi, ketidakefisienan, stagnasi, dan berbagi kesalahan-kesalahan lainnya yang tidak dapat diantisipasi sebelumnya.

Nah dengan penerapan Proses Bisnis Manajemen maka hal tersebut bisa dengan tangkas diatasi, dikontrol dan dievalusi sehinggan bisa dengan cepat diarahkan kembali untuk mencapai sasaran bisnis yang direncanakan.

Secara praktis manfaat MANAJEMEN BISNIS PROSES bisa langsung dirasakan seperti :

HEMAT BIAYA
Bisnis Proses Manajemen yang baik akan di awal mungkin tidak langsung terlihat manfaatnya. Namun, seiring berjalannnya waktu akan nampak hasil nyatanya. Misalkan saja lead time yang diminimalkan sehingga kurva penjualan produk berubah. Konsumen mendapat pelayanan yang optimal. Permintaan meningkat, penjualan lebih tinggi dan peningkatan profit.

EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS KINERJA
Hal yang paling sangat berdampak dari implementasinya adalah Efisiensi dan Efektifitas. Bisnis Proses sudah terorganisir dari awal hingga akhir prosesnya. Melalui system ini, bisnis kita dapat memantau kinerja dari secara detail.

Sehingg masalah dalam satu bidang maka akan saling terkoneksi satu sama lain. Dengan demikian, masalah dapat cepat diselesaikan langsung ke sumbernya. Sehingga memungkinkan bisnis kita punya system antisipasi masalah seperti mengurangi lead time, meningkatkan level kinerja, dan mengurangi berbagai kesalahan berulang yang sering terjadi.

PRAKTIS DAN TRANSPARAN
Secara mendasar, Bisnis Proses Manajemen sekarang ini juga telah menggunakan teknologi dalam prakteknya. Hal ini memungkinkan bisnis kita untuk lebih mudah melacak dan menilai kinerja proses bisnis secara real time. Transparansi ini membuat bisnis dapat dinilai lebih akurat. Jadi lebih mudah apabila diperlukan perubahan struktur atau modifikasi proses bisnis yang telah berjalan.

KONSUMEN SENANG, STAFF PUAS
Dengan system control seperti ini, membuat kinerja dalam bisnis lebih efektif. Pelayanan terhadap konsumen ikut meningkat. Dan tim memiliki lebih banyak waktu dan tools untuk memperhatikan kualitas pelayanan.
Karena sejatinya konsumen sebagai sumber dari pendapatan sangat mempengaruhi flow dari bisnis. Jika kita mampu memberikan pelayanan yang memuaskan tentu hal ini akan mempengaruhi penjualan dan profit bisnis kita.

Jika konsumen sebagai sumber pendapatan, maka staff adalah aset berharga. Staff yang bekerja dengan optimal dan efektif tentu hasilnya akan memuaskan. Pembagian porsi kerja yang tepat dan tertata membuat staff nyaman bekerja, menjadi lebih produktif dan menghasilkan lebih banyak output maksimal bagi bisnis kita.

KEAMANAN
Keamanan, hal ini kadang jarang menjadi perhatian dari pemilik bisnis. Padahal ini perkara yang penting. Dengan adanya manajemen bisnsi proses maka hal ini dapat dikendalikan. Dalam tatanan teknis systemnya, bisnis proses manajemen akan mengatur dan menetapkan standar keamanan bisnis kita.

Kemudian adanya keharusan dokumentasi sebagai bukti penunjang setiap proses. Sehingga mengurangi penyalahgunaan dan kehilangan informasi berharga bisnis kita.

Ayo muslimprenuer, kita maksimalkan ikhitiar kita untuk bisnis yang nyaman, aman, profesional dan berkah sebagai wujud amanah harta dari Allah SWT, dan jangan lupa kita gunankan dalam ketaatan dan membela agama Allah.

Bersambung ……. []