Tips Bisnis

Antisipasi Kesalahan Fatal Yang Bikin Bangkrut (Utang Rp 9 M Lunas dalam 1,5 Tahun)

aliansi pengusaha muslim Antisipasi Kesalahan Fatal Yang Bikin Bangkrut (Utang Rp 9 M Lunas dalam 1,5 Tahun)

Oleh: Abah Widad

Aliansi Pengusaha Muslim – Sahabat Assalim.id yang budiman, apa khabar bisnis anda hari ini?, alhamdulillah jika masih sehat luarr biasa. Sahabat dalam Tips Bisnis kali ini, penulis sejenak ingin kisahkan pada anda sekalian, tentang sahabat penulis yang pernah punya utang hingga 9 Miliar. Namun hebatnya beliau tiada patah arang. Terus beliau berikhtiar dengan didasari tawakkal kepada Alloh Subhaanahu wa Ta’aala. Dan alhamdulillaah selama kurang lebih 1,5 tahun saja utang tersebut lunas. Asyik atau asyik bingitz?

Faham Ilmunya
Kita lanjut kisahnya yaa, sahabat bisa rasakan, kira-kira yang punya utang 9M tadi anda, gimana rasanya ya? Baik, tentu resah dan gelisah. Nha, itu tidak terjadi pada sahabat penulis tadi, beliau sabar untuk fahami ilmunya. Ternyata setelah direnungkan dan pemahaman yang diperoleh dari beberapa guru bisnis Islami, tidak benar utang dengan riba itu. Maka ia segera stop angsuran, tentu dengan khabarkan kepada fihak bank terkait, dan selama 1,5 tahun hal tersebut ia lakukan. Bahkan sahabat Assalim.Id sekalian beliau malah Alloh kurniai outlet dengan gedung 2 lantai selama 1,5 tahun tersebut. Di tengah kota lagi… Kereen apa kereen bangetz?

Nah sahabat Assalim.Id sekalian, jangan sekali-kali patah arang, lemah semangat, fahami ilmunya. Maka tekad dan keyakinan yang kuat maka bisa kalahkan keputus asaan, galau, lambat loading dan karakter-karekter buruk yang bisa lemahkan semangat owner bisnis.

Jurus Palu Saja, Tinggalkan
Sahabat Assalim.Id yang cerdas nan beriman, Jurus Palu saja, tidak pas dan sangat tidak cocok bagi pengusaha Muslim seperti anda sekalian. Kenapa, ya karena sesungguhnya banyak jurus yang bisa digunakan dalam kembangkan apa yang punya. Kebanyakan masyarakat bahkan pengusaha kini yang terjebak pada solusi jurus palu, misal kala ia mau modali usaha dengan palu, mau nambah unit kendaraan dengan palu, untuk bayar sekolah anak dengan palu, untuk beli makan dan belanjaan dengan palu, untuk beli rumah dengan palu. Apa-apa dengan palu (utang), apalagi ada ribanya, ohh NgeRibangetz.

Nhaa di sinilah, banyak keterjebakan akan dia alami. Maka jangan sampai sahabat Assalim.Id terikut atau terkontaminasi dengan jurus palu diatas ya. Saatnya anda sekalian sadari, bahwa banyak cara, ayoo move on guna raih ilmu yg bermanfaat. Supaya bisa segera susul “kereta” yang sahabat penulis tadi alami ya. Semoga bisa menginspirasi sahabat Assalim.Id semuanya dan kita bisa bersama tegakkan kebaikan bersama. Wallohu a’lam bish showwaab.[]

Related posts
Fiqih Muamalah

Deposito Perbankan

Oleh: Ust Hafidz Abdurrahman Aliansi Pengusaha Muslim – Status deposito bank adalah hutang.
Read more
Inspirasi Pengusaha & Komunitas

Membantu Orang Lain dan Berdakwah Agar Ditolong Allah

Aliansi Pengusaha Muslim – Di dunia digital marketing Indonesia siapa yang tidak kenal Dewa…
Read more
Hukum Bisnis

Sinkronisasi Perseroan Terbatas (PT.) Dalam Aspek Syariah dan Hukum

Oleh: Chandra Purna Irawan.,S.H.,M.H. (Praktisi hukum dan konsultan hukum bisnis) Aliansi…
Read more