News

MEMILUKAN, 682 MENINGGAL DUNIA SELAMA ISOLASI MANDIRI

News Assalim.id
Tanggal 22/7/2021

Assalim.id – LaporCovid-19 melaporkan setidaknya ada 682 warga yang meninggal dunia di luar fasilitas kesehatan saat menjalani isolasi mandiri (isoman).

Selain karena meninggal dunia dalam keadaan isoman di rumah, kematian ini juga disebabkan penolakan rumah sakit. Seperti yang diungkap Inisiator LaporCovid-19 Irma Hidayana.

“Beberapa di antaranya mengalami penolakan dari rumah sakit,” kata Irma dalam konferensi pers daring Koalisi Warga Akses Kesehatan, Minggu fasilitas 18 Juli 2021 (kompas.com,18/7/2021).

Penolakan rumah sakit sendiri terjadi karena daya tampung fasilitas rumah sakit yang sudah di luar kapasitas. Hal ini seperti diungkap inisiator LaporCovid-19 lainnya Ahmad Arif pada kesempatan berbeda.

Ia mengatakan tingginya angka kematian pasien isolasi karena berkurangnya fasilitas di rumah sakit seperti ruang perawatan, kamar ICU, serta IGD. “Sehingga pasien covid-19 yang isolasi tidak diatasi dengan perawatan yang baik dan berujung kematian,” kata Arif pada (tempo.co, 12/7/2021).

Memuncaknya penderita Covid-19 menyebabkan makin terbatasnya kemampuan rumah sakit melayani pasien Covid-19. Memilukan hal ini menyebabkan kematian.(pn)

Related posts
Ulasan Utama

PROYEK IKN, BAHAYANYA AMBISI TANPA HATI

Agan Salim Semua bermula pada 26 Agustus 2019, saat Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ibu…
Read more
Fokus Ekonomi

DRAMA MENCEKIKNYA HARGA BATU BARA DAN CPO, BUKTI KEKUASAAN OLIGARKI ATAS NEGARA

Agan SalimFokus Ekonomi assalim.id Drama tentang krisis pasokan listrik, larangan ekspor batu…
Read more
Ulasan Utama

“HIGHLIGHT” SISTEM TATA KELOLA SUMBER DAYA ALAM ISLAM

Agan Salim Sumber daya alam (SDA) adalah potensi sumber daya yang terkandung di dalam bumi, air…
Read more