Inspirasi Pengusaha & Komunitas

Bisnis Cerdas Dalam Kondisi Wabah Pandemi

aliansi pengusaha muslim bisnis cerdas dalam kondisi wabah pandemi

Oleh : Abah Widad

Aliansi Pengusaha Muslim – Kini misalnya, Wabah Covid-19 menggemparkan ketenangan masyarakat dunia. Dan ini berimbas pada dunia usaha dan perdagangan. Maka bagaimana sebagai seorang Usahawan tetap tegar dan cerdas dalam hadapi wabah. Ini diantaranya spy tetap eksis:

Pertama, kualitas produk/jasa tetap terjaga. Baik itu berupa barang ataupun jasa, maka walau ada wabah, jaga kualitas nya tetap bagus. Sehingga customer tidak kecewa. Dari sana timbul trust sehingga beli lagi dan lagi.

Kedua, layanan hantar ke customer. Dalam kondisi yang masih ada, adakan layanan hantar ke pembeli. Dengan demikian bisa memberi kemudahan bagi customer.

Ketiga, relasi diperkuat jalinan komunikasinya. Kuantitas maupun kualitasnya ditambah lagi. Dari situ jika klik maka bs dicatat sebagai data customer anda.

Keempat, teknologi informasi sangat membantu pemasaran, layani costumer melalui layanan ini. Banyak tempat yang walau lokasi usaha tidak di pinggir jalan utama, namun dengan internet yang mewakili maka ramai pengunjung dan laku keras.

Kelima, ‘Gethok tular’ ( referral). Di kalangan komunitas yang tersenyum, merupakan ‘jurus’ yang dari tempoe doeloe.

Dari sini, hampir bisa dikata, loyalitas costumer tetap terjaga. Pembaca yang budiman, semoga dengan lima jurus diatas, bisnis anda tetap melejit, alhamdulillah.