Fokus Ekonomi

Tenaga Kerja Sejahtera Dalam Kekuatan Ekonomi Islam

aliansi pengusaha muslim tenaga kerja sejahtera dalam kekuatan ekonomi islam

Aliansi Pengusaha Muslim – ”Islam muncul dalam keadaan asing, dan akan kembali asing seperti saat awalnya, Maka berbahagialah orang-orang yang asing”. (HR. Muslim)”

Makmur serta sejahteranya kehidupan para tenaga kerja, seolah olah asing dan menjadi angan belaka dalam New Normal pandangan Kapitalisme global. Berbagai persoalan ketenagakerjaan yang ada berpangkal dari persoalan pokok dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup dan kesejahteraan.

Hadirnya Omnibus Law Cipta Kerja dan fenomena penerapan PSBB dianggap merugikan buruh atau pekerja. Gelombang PHK dan dampak Covid 19 pun semakin menggilas kondisi para tenaga kerja.

Islam hadir menawarkan sistem sosial yang berkeadilan dan bermartabat. Sistem yang ditawarkan Islam adalah sistem per pekerjaan, yang di dalamnya mencakup hubungan majikan dengan buruh, dan konsep pemberian upah.

Islam memberikan penghargaan tinggi terhadap pekerjaan, dan buruh yang bekerja. Karena dalam Islam, bekerja merupakan kewajiban mulia bagi setiap manusia agar dapat hidup layak dan terhormat.

Rasulullah saw pernah menjabat tangan seorang buruh yang bengkak karena kerja keras, lalu menciumnya dan berkata, “Inilah tangan yang dicintai Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Bukhari)

Tolok ukur pekerjaan dalam Islam adalah kualitas dari hasil kerja maka buruh yang baik adalah buruh yang meningkatkan kualitas kerjanya, sebagaimana firman Allah Swt, “Dan masing-masing orang memperoleh derajatnya dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. 6 : 132).

Dalam memandu hubungan pengusaha dan buruh, Islam memiliki prinsip muswah (kesetaraan) dan ‘adlah (keadilan). Dengan prinsip kesetaraan menempatkan pengusaha dan pekerja pada kedudukan yang sama, yaitu saling membutuhkan. Dan akan menempatkan kedua belah pihak, untuk memenuhi perjanjian yang telah disepekati bersama dan memenuhi kewajibannya.

Prinsip kesetaraan dan keadilan semestinya mengantarkan pengusaha dan buruh kepada tujuan yang diharapkan. Tujuan buruh adalah upah yang memadai dan kesejahteraan, sedangkan tujuan majikan adalah berkembangnya usaha. Hal ini sangat berbeda dalam kapitalisme.

Islam juga mewajibkan negara menjamin pemenuhan kebutuhan dasar individu melalui mekanisme bekerja. Misalnya Negara membuka lapangan pekerjaan dengan proyek-proyek produktif pengelolaan SDA yang ditangani oleh negara sendiri, bukan diserahkan pada investor.

Negara juga memastikan upah ditentukan berdasar manfaat kerja yang dihasilkan oleh pekerja dan dinikmati oleh pengusaha/pemberi kerja tanpa membebani pengusaha dengan jaminan sosial, kesehatan, dan jaminan hari tua. Ini mekanisme yang adil tanpa merugikan kedua belah pihak.

Islam tidak hanya memberikan jaminan terhadap hak-hak buruh, tetapi juga menjamin hak-hak pengusaha. Kesepakatan atau perjanjian kerja dianggap sebagai amanah yang harus ditunaikan oleh kedua belah pihak.

Negara menyediakan secara gratis dan berkualitas layanan kesehatan dan pendidikan untuk semua warga negara, baik kaum buruh atau pengusaha. Sedangkan layanan transportasi, perumahan, BBM, dan listrik tidak akan dikapitalisasi karena dikelola negara dengan prinsip riayah/pelayanan.

Begitulah gambaran kemakmuran dan kesejahteraan di bawah sistem ketenagakerjaan Islam yang adil.

Dan Era New Normal bagi tenaga kerja adalah menjadikan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam, membebaskan manusia dari penghambaan kepada makhluk menuju menghamba hanya kepada Allah SWT semata.

Karena fakta sejarah telah membuktikan selama 13 abad dan menguasai 2/3 dunia menebarkan cahaya kemakmuran di muka bumi Saatnya memperjuangkan Islam menjadi tujuan, ketika kapitalisme diambang kebinasaan.[] Abid Karbela

Related posts
Fokus Ekonomi

Peradaban Islam, Surganya Entrepeneur

Aliansi Pengusaha Muslim – Islam memandang aktivitas bisnis (ekonomi) sebagai salah satu…
Read more
Ulasan Utama

Menembus Batas 'KEYNESIAN' Bersama Sistem Ekonomi Yang Memakmurkan

Aliansi Pengusaha Muslim – Pesona sistem kapitalisme di bawah kaum _Keynesian_ sudah makin…
Read more
Ulasan Utama

Islam Mendorong Peningkatan Ekonomi Rakyat

Aliansi Pengusaha Muslim – Apa yang terbayang di benak kita ketika disebutkan sistem ekonomi…
Read more