Fokus Ekonomi

BBM Mahal, Derita Rakyat Di Tengah Covid-19

aliansi pengusaha muslim bbm mahal derita rakyat di tengah covid 19

Oleh: Haris Abu Muthiah

Aliansi Pengusama Muslim – Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak menurunkan harga BBM sementara harga minyak sudah merosot tajam 3 bulan terakhir hingga saat ini ke level USD 20 per barel. Padahal negara-negara lain sudah menurunka hingga pada level terendah.

Malaysia misalnya, sejak awal tahun hingga awal Maret 2020, harga bensin RON 95 bertahan di USD 0,48 per liter, hingga USD 0,29 per liter pada April lalu. Singapura, sejak pertengahan Februari dari USD 1,54 per liter dan saat ini USD 1,40 per liter. Laos dari USD 1,17 per liter pada pertengahan Februari menjadi USD 1,08 per liter.

Begitupun dengan Thailand harga bensin RON 95 pada pertengahan Februari masih USD 1,03 per liter dan sekarang tinggal USD 0,76 per liter. Filipina dari USD 0,97 per liter menjadi USD 0,79 per liter. Kamboja dari 0,96 per liter kini USD 0,65 per liter.

Bahkan penurunan harga yang cukup drastis dilakukan Vietnam, yakni dari USD 0,87 per liter pada Februari menjadi USD 0,50 per liter saat ini. Myanmar yang pada Januari lalu mematok harga bensin RON 95 seharga USD 0,68 per liter dan sekarang hanya USD 0,37 per liter.

Indonesia sejak awal Februari sampai sekarang masih mempertahankan harga bensin RON 95 di angka USD 0,65 per liter. Lalu mengapa Indonesia tidak menurunkan? Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan harga BBM di Indonesia merupakan salah satu yang termurah di antara negara-negara ASEAN dan beberapa negara di dunia.

Alasan ini tidak masuk akal karena Malaysia turun hingga USD 0,29 per liter, Myanmar USD 0,37 per liter, Vietnam 0,50 per liter. Murah mana bila mau dengan Indonesia yang masih bertahan diangka USD 0,65 per liter. Terus harga bensin Indonesia setara dengan Kamboja. Hanya Thailand, Filipina, Laos, dan Singapura saja yang harga bensinnya lebih mahal dari Indonesia.

Eks wakil Mentri SDM era SBY, Rubiandini, mengatakan, dengan anjloknya harga minyak mentah dunia seharusnya harga BBM turun dari rata-rata Rp9.000 menjadi Rp7.100 per liter pada Mei 2020, dan Rp5.650 per liter pada Juni 2020. (cnnindonesia,27/4/2020)

Tidak turunnya harga BBM sebenarnya hal biasa dalam sistem ekonomi kapitalisme. Dalam sistem ini rakyat dijadikan sebagai obyek untuk mengambil keuntungan sebesarnya. Jika benar migas dikuasai mafia, maka rakyat dijadikan sebagai obyek pendapatan para penguasa dan para kapitalis yang bercokol dalam kekuasaan.

Dalam sistem kapitalisme, setiap kebijakan indikatornya adalah untung rugi. Hubungan antara rakyat dengan pemerintahnya, ibarat perusahaan dan karyawan. Lihatlah, bagaimana harga minyak internasional turun drastis nyatanya Indonesia tidak menurunkan dengan berbagai dalih yang tidak masuk akal.

Berbeda dengan Islam. Dengan sistem ekonominya yang lengkap telah menjelaskan secara rinci pengelolaan BBM. Islam menjelaskan bahwa secara prinsip Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah milik umum (milik rakyat) yang tidak boleh diserahkan kepada swasta atau individu sebagaimana dalam sistem kapitalisme.

Pengelolaanya wajib dilakukan oleh negara dengan melibatkan ahli dibidangnya dan menggunakan teknologi modern. Seluruh hasilnya diserahkan kepada rakyat secara merata tanpa membedakan strata sosialnya. Bukan hanya kepada orang miskin tapi juga kepada masyarakat yang kaya.

Hanya saja pengelolaan sumber daya alam dalam sistem Islam tidak berdiri sendiri mesti didukung sumber daya manusia yang amanah dan ahli dibidangnya. Dibutuhkan pengelolaan keuangan yang transparan dan adanya kontrol dari umat. Dibutukan aturan yang tegas dan berefek jerah.

Semua ini hanya akan berjalan jika sistem Islam dilaksanakan secara kaffah oleh penguasa yang amanah dan adil. Maha benar firman Allah SWT. QS. Al-Maidah ayat 208, “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam “silm” keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”. Wallahu a’lam bi ash shawab.

Related posts
Tips Bisnis

Agar Customers Rutin Membeli (3)

Aliansi Pengusaha Muslim – Sahabat Assalim.id pada edisi sebelumnya sudah kita kupas 6 tips…
Read more
Ulasan Utama

Kemiskinan Petani, Tak Diizinkan Oleh Islam

Aliansi Pengusaha Muslim – Profesi petani di Indonesia adalah profesi yg diidentikkan dengan…
Read more
Bengkel Pengusaha

Pengusaha, Durjana Dan Ksatria: Agar Tak Lagi Ada Bencana Dan Musibah

Oleh: Abah Salim Aliansi Pengusaha Muslim – Sebuah pengingat shalat malam sampai juga sama…
Read more