Editorial

Siapa Yang Akan Rontok Di Tengah Krisis?

aliansi pengusaha muslim siapa yang akan rontok di tengah krisis

Oleh: Muhammad Ihsan

Aliansi Pengusaha Muslim – Apa kabarnya pengusaha muslim?. Semoga tetap semangat dan sabar serta sehat selalu. Saat ini kita benar-benar menghadapi ujian berat dari Allah SWT. Sepertinya Allah SWT ingin betul-betul melihat siapa dari Umatnya yang mampu bertahan dan terus berjuang dalam barisannya dalam membela agamanya.

Allah SWT menginginkan pengusaha pejuang tampil dan mengambil peran yang lebih besar lagi dari sebelumnya. Kita tahu krisis dan covid-19 ini telah merontokkan segala segmen, tak terkecuali bisnis dan ekonomi.

Kita melihat bagaimana mulai rontoknya berbagai korporasi bisnis kapitalis mulai dari sistem perbankan, bisnis di bursa saham, asuransi, perusahaan migas dan sebagainya.

Terlihat sistem pertahanan mereka ibarat sarang laba-laba yang begitu lemah, yang sekali sentuh oleh covid-19 langsung ambruk. Dibalik kesulitan ada kemudahan, maka disinilah seharusnya pengusaha muslim melihat peluang.

Kalau kemarin kita berkeluh karena bisnisnya tidak mampu menjadi raksasa karena hambatan berlakunya sistem kapitalisme dan sistem ribawi. Maka inilah saat yang tepat kita menggebuk sistem ini lalu menggantinya dengan sistem Islam yang lebih baik untuk pengusaha muslim kedepan.

Kita tidak tahu kapan Covid-19 ini akan berakhir, bahkan sebuah riset yang dilakukan oleh Singapore University of Technology and Design ( SUTD) menunjukkan, wabah Covid-19 di Indonesia diperkirakan akan berakhir pada 7 Oktober 2020. Hasil risetnya diungkap di situs web ddi.sutd.edu.sg, dengan update terakhir pada 5 Mei.

Prediksi ini menunjukkan bahwa pengusaha muslim harus berbenah membuat strategi yang jitu untuk menyelamatkan lini bisnis kedepan. Tentu saja strategi bertahan harus dikuatkan tapi juga harus tetap menyerang untuk mendapatkan hasil.

SDM dan Keuangan harus betul-betul kita jaga namun produk dan marketing harus kita kuatkan dalam inovasi. Saat ini kita betul-betul dituntut untuk agile agar mampu beradptasi pada sesuatu yang new normal yang berlaku.

Assalim pun pada 7 mei kemarin mendapatkan inspirasi dari mas Yoyok Hery Wahyono owner Waroeng SS di acara Kopdar Assalim, salah satu pesan kuat beliau bahwa seorang leader harus turun didepan menghadapi krisis ini, seorang leader harus tampil memotivasi serta berjuang didepan para karyawannya.

Saatnya kita tampil kedepan, biarkanlah bisnis berbasis kapitalis ribawi yang rontok tapi jangan sampai bisnis para pengusaha muslim yang sudah murni tanpa ribawi dan sesuai kaedah syariat malah ikut rontok. Mari saling menguatkan yakinlah Allah SWT menolong kita.

Related posts
Tips Bisnis

Agar Customers Rutin Membeli (3)

Aliansi Pengusaha Muslim – Sahabat Assalim.id pada edisi sebelumnya sudah kita kupas 6 tips…
Read more
Ulasan Utama

Kemiskinan Petani, Tak Diizinkan Oleh Islam

Aliansi Pengusaha Muslim – Profesi petani di Indonesia adalah profesi yg diidentikkan dengan…
Read more
Bengkel Pengusaha

Pengusaha, Durjana Dan Ksatria: Agar Tak Lagi Ada Bencana Dan Musibah

Oleh: Abah Salim Aliansi Pengusaha Muslim – Sebuah pengingat shalat malam sampai juga sama…
Read more