Bengkel Pengusaha

PONDASI BISNIS PENGUSAHA MUSLIM

Oleh : Muhammad Ihsan YS
Sekjen ASSALIM

Alhamdulillah wa syukurillah para pengusaha muslim akhir-akhir ini semakin menunjukkan semangatnya dalam bisnis, ngaji dan dakwah.. ukhuwah semakin terjalin dan saling bersinergis.

Pengusaha muslim semakin memahami pentingnya untuk kembali kepada Islam, utamanya menguatkan pondasi diri dan bisnisnya. Ibaratkan sebuah konstruksi rumah, kekuatan rumah sangat tergantung pada kekuatan pondasinya, dan pondasi yang kuat dan kokoh ini tentu dipersiapkan bahan-bahan, adukan dan besi yang berkualitas pula.

Begitu juga dengan pengusaha muslim. Alhamdulillah ASSALIM sering mengadakan diskusi pengusaha dan mengingatkan para pengusaha agar bisnisnya jangan sampai terlibat Riba atau terlibat pinjaman bank yang memiliki bunga, kita juga sering mengingatkan agar bisnisnya diatur dengan akad-akad dan aturan-aturan yang sesuai Syariah.

Alhamdulillah ada pengusaha yang terinspirasi dan mau sadar. Namun, ada pengusaha yang masih belum mau dan cuek, padahal mereka tau bahwa mereka sudah melanggar aturan Allah SWT. Dengan berbagai alasan, mereka mengatakan ini demi keberlangsungan bisnis, demi keluarga, demi nama baik dan sebagainya mereka masih belum mau berhijrah.

Pertanyaannya mengapa masih banyak pengusaha yang masih belum bersedia untuk menghijrahkan bisnisnya?.

Tidak lain dan tidak bukan karena pondasinya yang masih rapuh. Pondasi pengusaha ini masih banyak yang kosong dan keropos sehingga belum tertarik meninggalkan riba dan akad-akad batil lainnya. Jangan sampai kita seperti ini membangun bisnis dengan pondasi keropos. Akibatnya nanti akan sangat Fatal. Bisa jadi bangunan yang sudah Anda bangun, tampilan rumah sudah begitu cantik, interiornya mahal-mahal, lantainya marmer semua, berbiaya mahal sekali.

Lalu Anda baru menikmatinya sesaat saja, tiba-tiba Anda kaget dan berteriak ketika bangunan itu rubuh, sia-sia. Sudah begitu banyak pengusaha yang menjadi contoh akan hal seperti ini. Oleh karena itu mari kembalilah wahai pengusaha muslim. Kita benahi pondasi kita dulu, kita kokohkan pondasi bisnis dan diri kita, tentu saja bisnis harus Kembali ke diri ownernya, karena seluruh Visi dan nilai-nilai bisnis terpancar dari Visi dan nilai-nilai yang dianut dan diyakini oleh sang owner.

Pertanyaannya apa pondasi bisnis itu?. Kami di ASSALIM menyebutnya Kekuatan AQIDAH ISLAM. Dimana Aqidah ini menjadi sumber kekuatan bagi pengusaha muslim. Dan ini dibahas begitu intsensive bersama para pengusaha muslim lainnya, dimulai dari Visi, teori berpikir, pemecahan Aqidah hingga Qadla dan Qadar serta turunannya.

InsyaAllah dengan Kokohnya pemahaman Aqidah dalam diri pengusaha muslim ini, maka akan kokoh pula pondasi bisnis yang akan di jalani para pengusaha muslim, mungkin hasilnya tidak langsung terlihat.

Namun Ketika Anda telah membangun rumah bisnis Anda yang cantik diatas pondasi yang kuat ini lalu Anda menempatinya maka akan Anda dapatkan begitu banyak keberkahan, kenikmatan, kenyamanan, kebahagiaan dan keberlimpahan yang akan Anda rasakan. Sudah banyak yang membuktikan Bersama ASSALIM.. Apakah Anda juga mau?

Related posts
News

AHLI: HARUSNYA UU CIPTAKER BATAL DEMI HUKUM

News Assalim.idSenin, 6 Desember 2021 Assalim.id – Kamis (25/11/2021) lalu, Mahkamah…
Read more
Fokus Ekonomi

DALAM ISLAM PENGUSAHA TIDAK DIPUSINGKAN SOAL UPAH, KEBUTUHAN DASAR BURUH YANG NOTABENE RAKYAT DITANGGUNG NEGARA

Fokus Ekonomi Assalim.id | Edisi 82Oleh Pujo Nugroho Assalim.id – Tiap tahun kita disajikan…
Read more
Ulasan Utama

KAUM BURUH, KETAHUILAH HANYA ISLAM SISTEM YANG MENYEJAHTERAKAN

Ulasan Utama Assalim.id | Edisi 82Oleh: Pujo Nugroho Assalim.id – Pemerintah telah…
Read more